Prodi D3 Farmasi UNIB Mendapatkan Hibah P3TV

Semenjak bergabung dengan Universitas Bengkulu pada tahun 2017 yang lalu. Prodi D3 Farmasi UNIB terus berupaya mengembangkan diri menjadi pendidikan vokasi yang unggul dalam mencetak tenaga teknis kefarmasian. Bentuk pengembangan ini adalah dengan meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran, meningkatkan kerjasama dengan user, dan meningkatkan kualitas SDM Prodi D3 Farmasi.

Pada tahun 2020, seiring dengan berdirinya Dirjen Pendidikan Vokasi dan Profesi (Diksi) di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk meningkatkan perkembangan pendidikan vokasi maka Diksi memberikan hibah Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi (P3TV) kepada beberapa pendidikan vokasi  dibawah Perguruan Tinggi Negeri yang terpilih melalui seleksi proposal yang diajukan. Alhamdulliah, Prodi D3 menjadi salah satu prodi vokasi yang terpilih dari Universitas Bengkulu.

Total hibah P3TV yang didapatkan Prodi D3 Farmasi sebesar Rp. 1.255.681.750,-. dana tersebut dimanfaatkan oleh Prodi D3 Farmasi untuk pengembangan SDM, dan pemenuhan sarana dan prasarana yang mendukung kompetensi mahasiswa. Sarana dan prasarana tersebut diantaranya pembelian alat HPLC  (high performance liquid chromatography) yang dapat dimanfaatkan untuk penelitian dosen dan pengembangan kompetensi mahasiswa di era revolusi industri saat ini yang menuntut pekerjaan yang dilakukan dengan cepat dan high technology, HPLC saat ini sangat umum ditemukan di industri farmasi dan lembaga penelitian, sehingga dengan tersedianya alat ini diharapakan lulusan Prodi D3 Farmasi dapat langsung bekerja di tempat yang mengoperasikan alat tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.